Monday, 23 July 2018

Review Hostinger: Alasan Mengapa Harus Web Hosting ini?

Review Hostinger: Alasan Mengapa Harus Web Hosting ini?
Hostinger adalah penyedia jasa web hosting yang sudah berdiri sejak November 2004. Sejak didirikan sampai sekarang, web hosting ini cukup populer dan mampu menjaring banyak pengguna. Bahkan sekarang ini bisa dinilai sebagai penyedia jasa yang mendominasi pasar web hosting.

Jumlah client-nya terdaftar telah mencapai 29 juta di 178 negara yang berbeda. Sekarang ini pelanggannya bahkan terus bertambah dengan rate rata – rata 20 ribu pendaftar baru tiap harinya. Banyak orang memilih Hostinger ini karena dinilai memberi banyak kebebasan dalam membuat website.

Web Hosting Hostinger
Web Hosting Hostinger

Sekilas Tentang Hostinger


Pada awal didirikan, jasa web hosting ini memiliki nama 000webhost.com yang memberi pelayanan gratis tanpa promosi yang menonjol. Perubahan terjadi pada tahun 2011 dan baru mengambil nama Hostinger. Setahun setelahnya, perusahaan ini mulai berkembang secara internasional dan bahkan mendapat dukungan dari perusahaan Cyprus. Perkembangan ini tidak melambat, dan pada tahun 2014 telah mencapai 10 juta pelanggan terdaftar. Data 29 juta pelanggan yang terakhir diambil pada tahun 2017.

Perkembangan cepat ini tentu ada dasarnya. Kebanyakan orang mendaftar menggunakan web hosting ini karena entry level-nya tidak rumit dan murah. Beban baru diberikan hanya pada orang yang mengambil paket premium. Untuk para pemula yang ingin belajar bisa menggunakan web hosting ini secara gratis tapi dengan fasilitas yang dibatasi.

Untuk menimbang apakah web hosting ini cocok untuk Anda, di artikel ini akan dibahas mengenai keuntungan dan kekurangan menggunakan Hostinger sesuai layanan yang disediakannya di https://www.hostinger.co.id/web-hosting.

Keuntungan Menggunakan Hostinger


Paket Web Hosting Hostinger
Paket Web Hosting Hostinger

• Memiliki Waktu Uptime yang Cukup Baik dan Konsisten


Dari banyak tes yang dilakukan oleh para ahli, Hostinger mampu mencapai rata – rata uptime 99.80%. Waktu uptime penting diperhatikan terutama bagi website usaha. Jika website tidak bisa diakses dalam waktu panjang dan sering, ada kemungkinan website tersebut dapat kehilanggan pengunjung. Kehilangan pengunjung pada website usaha bisa berujung pada usaha yang gagal.

• Load Time yang Cepat

Rata – rata load time dari web hosting ini adalah 438ms. Penghitungan ini berasal dari tes yang dilakukan para ahli selama setahun. Dari tes ini bisa dilihat bahwa Hostingermampu mencapai speed 506ms pada saat bagus dan 344ms saat jelek. Tapi tidak perlu khawatir, walau perbedaan speed baik dan jeleknya tinggi, web hosting ini biasanya stabil. Speed dapat dipastikan ada di area 440ms sampai 480ms pada kondisi normal.

• Ada Garansi Uang Kembali
Garansi Uang Kembali Hostinger
Garansi Uang Kembali Hostinger
Hostinger adalah salah satu dari sedikit web hosting yang berani memberikan garansi uang kembali jika Anda tidak puas. Permintaan uang kembali ini hanya bisa diambil jika Anda mengajukannya selama kurun waktu 30 hari penggunaan. Jadi semisal Anda tidak puas setelah menggunakan paket premium web hosting ini selama seminggu, Anda bisa dengan mudah membatalkan langganan dan pindah ke web hosting lain.

• Pelayanan Customer Support yang Baik

Jika Anda sudah menjadi member, Anda dapat menggunakan fitur live chat untuk mengakses customer support web hosting ini. Penggunaan live chat memastikan respons cepat dalam penanganan masalah ataupun menjawab pertanyaan Anda. Live chat juga bisa digunakan untuk meminta arahan dan konsultasi.

Untuk pelaporan sebetulnya ada cara lain yang bisa diambil. Beberapa contohnya adalah, tombol report, support ticket dan artikel bantuan di knowledge base. Tapi jika dibandingkan dengan live chat, proses bantuan lebih lambat.

• Gratis Website Builder dan Nama Domain

Jika Anda dapat mendapatkan website builder untuk pendaftaran paket apa saja. Template yang digunakan cukup banyak, walaupun tidak sebanyak jika menggunakan website builder yang populer. Untuk nama Domain hanya diberikan gratis untuk paket business dan premium. Dari segi biaya dan keuntungan, hal ini tentu memudahkan dan memberi banyak benefit untuk jangka panjang.

• Memilik UI yang Mudah Dipakai dan Dipahami

Hal yang paling menarik dari Web Hosting Hostinger adalah penggunaannya yang mudah. Panel dan tombol pada user interface (UI) terlihat besar dan di group menjadi satu. Anda tidak perlu lagi membuka banyak menu hanya untuk mengakses keperluan Anda, karena semua yang Anda butuhkan sudah ada pada satu tempat yang mudah dilihat.

Bagi para pemula ini, sangat membantu. Sebagian besar pengguna website adalah pemula, tentu mereka akan bingung jika menggunakan menu yang rumit seperti yang digunakan para software enginer. Kebanyakan pemula hanya ingin membuat website secara simple dan menjalankannya. Bisa dibilang, tampilan web hosting ini adalah titik awal yang bisa dipakai pemula untuk belajar tanpa ribet.

Kelemahan Menggunakan Hostinger


• Non-Member Tidak Dapat Mengakses Customer Service Lewat Live Chat

Seperti yang telah dibahas di atas, live chat untuk customer service sangatlah membantu. Masalahnya, hanya member yang bisa menggunakannya. Hal ini tentu tidak membantu jika posisi pelanggan adalah non-member yang ingin bertanya soal transisi menjadi member. Jika Anda ingin bertanya atau mencari info soal Hostinger sebelum memutuskan menjadi member, Anda terpaksa harus mencari info dari forum ataupun dari website – website luar.

• Tidak Menggunakan cPanel yang Standar

Menu dan UI pada web hosting ini memang intuitif dan mudah digunakan. Walaupun begitu banyak para veteran yang harus belajar ulang dalam penggunaan menu ini. Menu ini tidak standar seperti cPanel tradisional yang telah lama digunakan. Hal negatif ini tidak terlalu besar karena hanya butuh pembiasaan saja.

• Persyaratan Uang Kembali yang Terbatas

Permintaan uang kembali untuk garansi ternyata hanya berlaku untuk paket – paket tertentu saja. Jadi Anda harus jeli membaca aturannya sebelum mengharapkan pengembalian uang. Aturan pengembalian uang bisa dicek di bagian aturan refund di website Hostinger.

• Harus Membayar Lebih untuk Tambahan Domain

Jika Anda ingin mengambil Domain ekstra untuk web Anda, Anda harus membayar lagi. Walaupun harganya tetap terjangkau, pilihannya tidak semudah saat pemilihan domain gratis seperti yang pertama kali. Hostinger memiliki list harga yang berbeda untuk setiap domain-nya. Contohnya untuk .com dan .net, Anda harus membayar tambahan 10 US Dollar per tahun, untuk .xyz harganya 0,99 US Dollar per tahun dan untuk .asia 17 US Dollar per tahun.

Kesimpulan


Jika dibandingkan dari poin – poin di atas, terlihat keuntungan yang didapat lebih banyak. Hostinger memang pantas menjadi penyedia jasa web hosting yang populer karenanya. Bahkan dalam ranking di review – review internasional, web hosting ini mampu masuk dalam 10 besar.

Hostinger Rating
Hostinger Rating

Hal yang menjadi penentu kepopuleran web hosting ini adalah kemudahan penggunaan bagi pemula. Para pemula yang menggunakan dan terpuaskan kebanyakan akan mengambil paket premium. Hal tersebut dirasakan langsung secara pribadi oleh admin yang juga menggunakan jasa web hosting dari Hostinger untuk beberapa web yang admin kelola. Berdasarkan pengalaman tersebut, maka admin membuat artikel review ini sehingga dapat menjadi referensi bagi pengunjung yang sedang membutuhkan atau yang tertarik untuk menggunakan layanan web hosting dengan pelayanan terbaik.

Artikel Terkait