Saturday, 18 March 2017

Cara Mengatasi Komputer atau PC yang Susah dihidupkan

Cara Mengatasi Komputer atau PC yang Susah dihidupkan
Tags
Cara Mengatasi Komputer atau PC yang Susah dihidupkan | Berbagai masalah kerap kali terjadi pada sebuah perangkat elektronik, terutama yang sering kita gunakan seperti komputer (PC). Salah satu masalah yang akan membuat kita kebingungan adalah komputer atau PC kita susah untuk dihidupkan.

Saat menekan tombol power pada CPU, komputer tidak langsung hidup sebagaimana harusnya sehingga biasanya perlu dilakukan berkali-kali baru bisa hidup dengan normal. Hal ini tentunya dapat disebabkan berbagai hal baik karena power supply atau bisa saja yang bermasalah adalah tombol power PC anda.

Langkah-langkah Mengatasi Komputer yang Susah dihidupkan


Untuk mengatasi komputer atau PC yang susah dihidupkan terdapat berbagai cara yang dapat anda coba lakukan, diantaranya seperti berikut:

1. Periksa kabel power atau daya listrik yang menuju ke PC anda terhubung dengan baik, periksa pula box kabel yang anda gunakan apakah masih bekerja.
Baca Cara memperbaiki harddisk badsector

2. Periksa tombol power pada CPU komputer anda, anda dapat memeriksanya dengan menggunakan multitester atau bila tidak ada anda dapat mengakalinya dengan memindahkan kabel power ke tombol restart, caranya buka casing luar CPU dan gantikan kabel power dengan kabel yang menuju kabel restart, sehingga anda memeriksa apakah tombol anda masih bekerja dengan baik atau tidak.

3. Periksa power supply komputer anda, jika telah rusak coba ganti dengan power supply yang baru atau apabila anda masih ragu anda dapat meminjam power supply PC lain dan memastikan apakah komputer anda bisa hidup atau tidak
Cara Mengatasi Komputer atau PC yang Susah dihidupkan
Power Supply PC

4. Jika anda telah melakukan atau mengganti komponen diatas tapi tetap susah hidup maka masalah yang mungkin terjadi ada pada motherboard komputer anda akan tetapi hal yang umum terjadi adalah dari poin 1 hingga 3.

Pada banyak kasus, penyebab komputer atau PC susah untuk dinyalakan akibat tombol power atau power supply yang sudah rusak. Sehingga jika anda telah memastikan kedua komponen tersebut bekerja dengan baik maka komputer anda akan dapat dinyalakan dengan mudah dan baik seperti umumnya.

Artikel Terkait