Thursday, 12 June 2014

Mengetahui Proses Cara Kerja Satelit

Mengetahui Proses Cara Kerja Satelit
INDOZA - Penjelasan mengenai cara kerja, fungsi serta sejarah singkat satelit. Pengertian Satelit adalah benda yang berada di luar angkasa dan mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Satelit dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu satelit alam dan satelit buatan. Pengertian satelit alam adalah benda-benda luar angkasa yang telah ada sejak dulu dan bukan buatan manusia yang cara kerjanya mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar dari pada dirinya, contohnya adalah bulan yang selalu mengelilingi bumi. Sedangkan pengertian satelit buatan adalah benda buatan manusia yang diluncurkan untuk mengorbit bumi, atau benda langit lainnya. contohnya Satelit cuaca, Satelit komunikasi dan Satelit Navigasi.
Cara Kerja dan fungsi Satelit

Sejarah singkat satelit buatan
SPUTNIK adalah nama satelit buatan pertama yang telah diluncurkan UniSoviet pada tanggal 4-10-1957. Kemudian pada tanggal 31-01-1958, Amerika Serikat juga telah berhasil meluncurkan satelit pertamanya yang diberi nama Explorer, setelah diluncurkanya kedua satelit tersebut lahirlah berbagai persaingan pengembangan teknologi luar angkasa.

Cara kerja satelit buatan
Untuk dapat beroperasi satelit diluncurkan ke orbitnya dengan menggunakan bantuan roket. Negara -negara maju yang memiliki stasiun untuk melontarkan satelit ke orbitnya di antaranya adalah Amerika Serikat, Rusia dan Perancis.
Posisi satelit pada orbitnya terbagi menjadi 3 macam yaitu. Low Earth Orbit (LEO): 500-2,000 km di atas permukaan bumi. Medium Earth Orbit (MEO): 8,000-20,000 km diats permukaan bumi. Geosynchronous Orbit (GEO): 35,786 km diatas permukaan bumi. Semua gerakan satelit yang telah mengorbit bisa dipantau dari bumi lewat stasiun pengendali. Cara kerja satelit adalah dengan cara uplink dan downlink. Pengertian Uplink adalah transmisi yang dikirim dari bumi ke satelit, sedangkan pengertian downlink adalah transmisi dari satelit ke stasiun bumi.

Fungsi satelit buatan
  • Sebagai repeater di langit
  • Melihat cuaca dan iklim
  • Komunikasi siaran radio
  • Kepentingan militer
  • Mengkaji benda benda langit
Baca juga : Cara Kerja Scanner

Itu tadi sedikit Penjelasan mengenai cara kerja, fungsi serta sejarah singkat satelit. Terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat nada.

Artikel Terkait