Monday, 16 June 2014

Cara Setting Modem Speedy Termudah - TP Link Restart

Cara Setting Modem Speedy Termudah - TP Link Restart
INDOZA - Cara termudah setting internet modem Speedy. SPEEDY adalah merupakan layanan broadband akses internet dari Telkom Indonesia berkualitas tinggi bagi perumahan serta SME (Small Medium Enterprise). Speedy menggunakan sistem teknologi yang canggih dalam proses menghantarkan sinyal digital berkecepatan tinggi melalui jaringan telefon secara optimal bagi keperluan konsumsi konten internet, dengan kecepatan data dari 384 kbps sampai pada 100 Mbps dan tidak menutup kemungkinan penggunaan teknologi baru lain yang lebih baik/terbaru. Menggunakan telkom speedy memang bisa dibilang sangat menguntungkan, karena biasanya tarif nelpon dan sms akan lebih murah serta kecepatan akses internetnya pun  juga lumayan bagus dan stabil, namun dalam beberapa kasus ada beberapa pengguna yang sering mengalami masalah terganggunya koneksi internet pada modem speedy dan jika anga mengalamu masalah seperti ini mungkin tutorial di bawah ini bisa membantu menangani masalah anda.

Cara Setting Modem Speedy
  • Sambungkan terlebih dahulu modem dengan laptop anda memakai kabel UTP, pasang juga konektor ADSL ke modem serta kabel power modem kemudian hidupkan modem TP-Link anda.
  • Tahukah anda bahwa IP default modem speedy adalah 192.168.1.1 disini anda harus merubah IP tersebut menjadi 192.168.1.2
  • etelah anda merubah IP bawaan anda bisa mulai menjalankan browser anda misalnya Mozilla Firefox atau apa saja terserah anda.
  • Ketik pada address bar, IP address default dari modem yaitu 192.168.1.1 dan tekan ENTER maka akan muncul halaman login web base setting modem TP-Link
  • Ketik username : admin dan password : admin kemudian klick OK. Anda sudah berada pada halaman web base TP-Link modem setting. Silahkan klick menu Interface Setup dan klick Internet.
Cara satu Setting Modem Speedy Termudah
  • Atur settingan virtual circuit sesuaikan dengan yang telah disarankan oleh pihak Telkom Speedy. 
  • Statusnya menjadi Activated dan VPI : 8 dan VCA : 81 (ini untuk PVC1, akan berbeda apabila PVCnya berbeda).
  • Encapsulation ISP pilih PPPoA/PPPoE
  • Masukkan username dan juga password anda yang telah anda terima dari Telkom.
  • Setting Bridge Interfacenya Deactivated dan Connection Always On (Recommended).
  • Klik menu LAN dan cek settingan sebagai berikut : IP Address : 192.168.1.1, Subnet Mask : 255.255.255.0, Dinamic Route : RIP2-B Direction : None, Multcast : Disable dan ICMP Scoop : Disable. DHCP : Enable, Starting IP Address : 192.168.1.2 dan IP Pool Count : 50 (max : 254). Settingan yang lain biarkan saja default.
Cara kedua Setting Modem Speedy
  • Silakan klick menu Wireless untuk setting wireless modem sebagai berikut : Access Point : Activated, Channel Indonesia. Yang lain biarkan tetap default. Pada Broadcast SSID pilih Yes dan SSID ketik Access Point Name (APN) mis : Aksespoint Aku
Cara ketiga Setting Speedy Termudah
  • Jika anda sudah melakukan cara setting modem Speedy diatas dengan benar disetiap langkah-langkahnya dan yang terakhir adalah menyimpan hail settingan di atas klic save.
NB. Untuk mereset ulang pasword speedy yang anda gunakan anda harus mempunyai pasword speedy yang diberikan saat pertama sekali berlangganan speedy serta nomor telepon modem jaringan internet yang anda Punya.

Bagai mana menurut anda mudah bukan pengerjaannya, semudah cara setting modem Smartfren ataupun setting internet modem Telkomsel. Namun jika anda mengalami kesulitan silakan tanya langsung kepada petugas Telkom karena mereka yang lebih ahli dalam bidang ini.
Demikian tutorial dari saya mohon maaf apabila terjadi kekeliruan ataupun kesalahan dalam menuliskan artikel ini. Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait