Sunday, 24 November 2013

Bagaimana Cara Kerja Mesin Scanner ?

Bagaimana Cara Kerja Mesin Scanner ?
Mengenal lebih jauh tentang pengertian, sejarah serta bagaimana cara kerja mesin scanner. Scanner adalah salah satu perangkat jaringan komputer yang fungsinya utamanya untuk mengcopy dan menyalin gambar atau tulisan yang kemudian disimpan pada memori komputer atau laptop yang kemudian dari memori komputer dapat disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Prinsip dan Cara kerja scanner sebenarnya hampir sama dengan mesin fotocopy pada umumnya dan yang membedakan adalah jika mesin fotocopy hasilnya hanya dapat dilihat pada kertas saja sedangkan jika menggunakan mesin scanner hasilnya dapat kita ditampilkan melalui monitor komputer terlebih dahulu sehingga kita dapat mengedit ataupun memperbaiki dan memodifikasi lalu hasilnya dapat kita simpan kembali dalam bentuk file text maupun file gambar, itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian scanner dan fungsinya menurut saya.
Mesin yang telah ditemukan pertama kali oleh Robert S. Ledley ini nampaknya telah memiliki peranan terpenting dalam  sejarah perkembangan fotografi didunia dan hingga saat ini scanner telah mengalami banyak perombakan yang lebih canggih dan sekitar akir tahun 1943 pernah dikabarkan bahwa mesin scanner untuk pertama kalinya dapat memindai seluruh bagian tubuh manusia mulai dari ujung kaki sampai pucuk rambut.
Proses cara kerja scanner ini memang sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan mesin foto kopi, ada beberapa proses yang dikerjakan oleh mesin ini dan berikut cara kerja singkatnya :
Cara Kerja Scanner dan fungsinya

Prinsip dan Cara Kerja Scanner :
  • Sumber cahaya akan menerangi gambar atau objek yang akan di pindai, pada bagian wilayah yang kosong atau berwarna putih tentunya akan memantulkan lebih banyak cahaya bila dibanding dari pada daerah yang tampak gelap atau mempunyai warna.
  • Motor yang tengah bergerak memindai dibawah objek, ketika scanhead sedang bergerak scan menangkap cahaya yang dicerminkan dari area yang dipindai dengan ketelitian sekitar 1/90,000 inci.
  • Pantulan cahaya dari cermin pada mesin scaner secara berkelanjutan akan berputar untuk menyimpan  berkas cahaya melalui suatu sistem .
  • Lensa pada mesin ini berfungsi memfokuskan cahaya ke dioda peka cahaya yang kemudian nantinya akan mentranslate keseluruhan cahaya pada suatu arus elektrik. Besarnya arus tersebut tergantung pada besarnya cahaya yang telah dicerminkan, jika semakin tinggi besarnya cahaya yang dicerminkan maka tentu saja akan semakin besar pula jumlah arus yang nantinya akan dihasilkannya.
  • Konverter analog ke digital (A-D) akan mengubah proses pembacaan analog dari tegangan ke dalam data bit-bit digital yang mewakili salah satu dari wilayah yang berwarna hitam atau putih.
  • Proses selanjutnya informasi digital akan diproses dan kemudian akan di kirim menuju komputer dan selanjutnya ditranslate pada suatu format file grafik.
Itu tadi sedikit penjelasan dari saya mengenai fungsi dan cara kerja scanner, terimakasih telah berkunjung semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Artikel Terkait